Selasa, 19 Januari 2016

MATERI KULIAH EKONOMI MIKRO



MATERI KULIAH EKONOMI MIKRO

Ilmu ekonomi mikro sering juga di tulis dengan mikroekonomi adalah ilmu ekonomi yg mempelajari perilaku konsumendan perusahaan, penentuan harga pasar dan kualitas faktor input,barang, dan jasa yg di perjual belikan. Salah satu tujuan mikeoeknomi adalah menganalisa pasar beserta mekanismenya yg membentuk harga relatif kepada produk dan jasa, dan alokasi dari kegagalan pasar
Kebetulan materi kuliah yg diberikan dosen kepada saya di semester 1 ini adalah materi kuliah mikroekonomi dari buku yg di tulis oleh sadono sukirno, materinya adalah

·         Bab 1 bidang studi ekonomi
·         Bab 2 pola kegiatan perekonomian
·         Bab 3 masalah ekonomi dan sistem pegaturan ekonomi
·         Bab 4 permintaan, penawaran, dan keseimbangan pasar
·         Bab 5 elastisitas permintaan dan penawaran
·         Bab 6 teori permintaan konsumen: teori nilai gua

Saya akan menjelaskan semua materi yg sudah saya pelajari di kelas, langsung saja kita mulai dari bab 1

·        Bab 1 bidang studi ekonomi

Ilmu ekonomi merupakan suatu bidang studi yg sudah cukup lama bermulai dari adam smith (bapak ilmu ekonomi)
“suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat-masyarakat membuat pilihan dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber-sumber daya yg terbatas, tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat”
-          Masalah pokok ilmu ekonomi
1.       Bagaimana membuat keputusan tentang cara yg terbaik melakukan kegiatan ekonomi
2.       Kegiatan ekonomi: kegiatan untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengkonsumsi (menggunakan) barang dan jasa
ketidakseimbangan:
1.       Kebutuhan masyarakat yg tak terbatas 
2.       Faktor produksi yg tersedia untuk produksi barang/jasa terbatas
Pilihan-pilihan atau alternatif-alternaif


 
SCARCITY/KELANGKAAN

Faktor-faktor produksi
Benda-benda yg di sediakan oleh alam atau di ciptakan oleh manusia yg dapat di gunakan untuk memproduksi barang dan jasa
1.       Tanah dan sumber alam
2.       Tenaga kerja
3.       Modal
4.       Keahlian keusahawan

Alat-alat analisis dalam ilmu ekonomi
1.       Grafik
2.       Kurva
3.       Ilmu statistik

·        Bab 2 pola kegiatan perekonomian

Jenis sistem ekonomi
1.       Sistem ekonomi pasar
2.       Sistem ekonomi campuran
3.       Sistem ekonomi perencanaan pusat
Pelaku kegiatan ekonomi
1.       Rumah tangga
2.       Perusahaan
3.       Pemerintah




Bentuk-bentuk camur tangan pemerintah
1.       Membuat peraturan-peraturan
2.       Menjalankan kebijakan fiskal dan moneter
3.       Melakukan kegiatan ekonomi secara langsung

·        Bab 3 masalah ekonomi dan sistem pengaturan ekonomi

Masalah ekonomi timbul akibat dari ketidakseimbangan diantara barang  keiginan manusia untuk mendapatkan barang dan jasa dengan kemampuan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi keinginan tersebut
Beberapa masalah pokok ekonomi
1.       Menentukan barang dan jasa
2.       Menentukan cara barang di produksi
3.       Menentukan untuk siapa barang-barang d produksi

·        Bab 4 permintaan,penawaran, dan keseimbangan pasar

Teori permintaan menerangkan tentang sifat permintaan para pembeli,teori penawaran menerangkan sifat para penjual dalam menawarkan produk
Beberapa penentu permintaan
1.       Harga baang itu sendiri
2.       Harga barang lain yg berkaitan erat dengan barang tersebut
3.       Pendapatan rumah tangga dan pendapatan rata-rata masyarakat
4.       Corak distribusi pendapatan dalam masyarakat
5.       Jumlah penduduk
6.       Ramalan mengenai keadaan di masa yg akan datang
Penentu-penentu penawaran
1.       Harga barang itu sendiri
2.       Harga barang-barang lain
3.       Biaya prduksi
4.       Tujuan-tujuan operasi perusahaan tersebut
5.       Tingkat teknologi yg di gunakan
Keseimbangan pasar (equilibrium)
Apabila jumlah yg di tawarkan para penjual pada suatu harga tertentu adalah sama dengan jumlah yg diminta para pembeli pada harga tersebut
Perubahan keseimbangan
1.       Permintaan bertambah
2.       Permintaan berkurang
3.       Penawaran bertambah
4.       Peawaran berkurang

·        Bab 5 elastisitas permintaan dan penawaran

ELASTISITAS : persentase perubahan kuantitas yg diminta sebagai akibat dari perubahan nilai salah satu variabel yg menentukan permintaan sebesar 1%
Jenis elastisitas permintaan

1.       Elastisitas permintaan harga
nilai perbandingan antara persentase perubahan jumlah diminta dengan persetase perubahan harga
rumus koefisien elastisitas
Ʃɖ = persentase perubahan jumlah barang yg diminta
persentase perubahan harga
Ʃɖ = Q₁-Q
    Q
P₁-P
   P
Faktor penentu elastisitas pemintaan
ü  Banyaknya barang pengganti yg tersedia
ü  Persentase pendapatan yg dibelanjakan
ü  Jangka waktu analisis
ü   
2.       Elastisitas permintaan silang
Koefisien yg menunjukkan sampai dimana besarnya perubahan permintaan terhadap sesuatu barang apabila terjadi perubahan
Eç = persentase perubahan jumlah barang X yg diminta
 Persentase perubahan harga barang Y

3.       Elastisitas permintaan pendapatan
Koefisien yg menunjukkan sampai dimana besarnya perubahan permintaan terhada sesuatu barang sebagai akibat daripada perubahan
EƩ = persentase perubahan jumlah barang yg diminta
Persentase perubahan pedapatan

Elastisias penawaran
Koefisien yg mengukur tingkat responsi penawaran sebagai akibat dari perubahan
Es = persentase perubahan jumlah barang yg ditawarkan
Persentase perubahan harga
Es = Qᴃ-Qᴀ
Q
Ps-Pᴀ
Pᴀ
Faktor yg mempengaruhi elastisitas penawaran
ü  Sifat perubahan biaya produksi
ü  Jangka waktu analisis

·        Bab 6 teori tingkah laku konsumen: teori nilai guna

Penyebab konsumen membeli lebih banyak pada harga yg rendah maupun sebaliknya, dan konsumen menentukan jumlah dan komposisi barang yg dibeli dari pendapatan yg diperoleh
Ada 2 pendekatan
1.       Pendekatan nilai guna (utility)kardinal =>kenikmatan konsumen dapat dinyatakan secara kuantitatif
2.       Pendekatan nilai guna (utility) ordinal => kenikmatan konsumen tidak dapat dinyatakan secara kualitatif
Teori nilai guna
ü  Semakin tinggi kepuasan konsumen maka semakin tinggi pula utility
ü  Nilai guna ada 2
1.       Nilai guna total
Adalah jumlah seluruh kepuasan
2.       Nilai guna marginal
Adalah pertambahan kepuasan sebagai akibat pertambahan penggunaan satu nilai barang
Teori nilai guna dan teori permintaan
Ø  Efek substitusi
Ketika harga barang lebih tinggi menyebabkan substitusi barang-barang lain untuk memenuhi kepuasan
Ø  Efek pedapatan
Peningkatan harga menurunkan pendapatan riil dan mengurangi konsumsi terhadap komoditas yg diinginkan

Surplus konsumen
Yaitu kelebihan kepuasan yg dinikmati oleh konsumen
Contoh : diperkirakan harga durian Rp 15000 tetapi kenyataannya hanya Rp 10000 dengan demikian terjadi surplus konsumen sebesar Rp5000

Demikian sedikit pembahan yg saya berikan, semoga bermanfaat, dan selamat belajar


Sumber : www.ideoliios.blogspot.com

1 komentar:

  1. Betway Casino | Get up to $250 Bonus - JDH Hub
    Betway Casino. If 김포 출장안마 you're looking for the best online 충주 출장샵 casino, Betway offers 부천 출장마사지 a large gaming 수원 출장샵 library available, while their customer support dafabet

    BalasHapus